Touring KORPRI Kota Yogya Jaga Silaturahmi Eratkan Solidaritas

Umbulharjo - Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kota Yogyakarta peringati HUT ke-52 dengan beragam rangkaian kegiatan salah satunya Touring Sowan Sesepuh pada Sabtu (18/11).

Kegiatan touring yang bertemankan Anjangsana Purna Tugas Anggota KORPRI tersebut menempuh rute kurang lebih sejauh 82 kilometer dan diikuti oleh 100 orang. Dimulai dari Balai Kota, menuju kediaman purna tugas Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Titik Sulastri di Kabupaten Sleman dan berlanjut ke kediaman purna tugas Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Rapingun di Kabupaten Kulonprogo untuk bersilaturahmi, kemudian Kebun Teh Nglinggo dan Tumpeng Menoreh, setelah itu kembali lagi ke Balai Kota.

Titik start Touring Sowan Sesepuh di Balai Kota.

Ketua Dewan Pengurus KORPRI yang juga Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan, kegiatan touring tersebut menjadi momen penting bagaimana para anggota KORPRI bisa semakin mengenal satu sama lain, juga berkesempatan bertemu dengan ke dua tokoh purna tugas Sekretaris Daerah yang telah mengabdi untuk Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Ini menjadi satu bukti bahwa KORPRI yang memasuki usia ke-52 ini menjadi wadah berekspresi juga silaturahmi para anggotanya, dengan harapan hal seperti dapat terus dijaga dan ditingkatkan agar hubungan baik dapat terus terjalin," katanya. 

Peserta Touring Sowan Sesepuh dalam perjalanan.

Sejalan dengan itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho mengungkapkan, kegiatan Touring Sowan Sesepuh tersebut menjadi satu budaya baik yang dapat terus dilestarikan, karena silaturahmi merupakan hal yang harus terus dijalin baik dalam konteks ketugasan sebagai ASN ataupun di luar ketugasan.

"Peringatan HUT ke-52 KORPRI yang salah satu agendanya Touring Sowan Sesepuh ini perlu dilanjutkan ke depannya, selain untuk mempererat persaudaraan dan solidaritas, juga memperkuat rasa hormat antara yang muda dengan yang tua, karena para purna tugas dapat menjadi sosok yang diteladani," ungkapnya.

Silaturahmi ke kediaman purna tugas Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Rapingun di Kabupaten Kulonprogo.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menyampaikan apresiasi atas rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT Ke-52 KORPRI, termasuk agenda Touring Sowan Sesepuh. 

"Silaturahmi informal seperti ini tentu merupakan kegiatan menarik yang dilaksanakan di sela pelaksanaan ketugasan, terkadang ketugasan dan pekerjaan juga dapat terbantu serta terselesaikan melalui koordinasi informal, harapannya ke depan makin banyak kegiatan KORPRI yang bisa mewadahi berbagai minat para anggotanya," ujarnya. (Jul)

Peserta Touring Sowan Sesepuh sampai di Kebun Teh Nglinggo.