JUARA Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN)

Caption

Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) merupakan upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang bahasa, seni, budaya dan sastra melalui aktivitas literasi. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) Tahun 2023. OLSN dibangun untuk menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olah rasa.

OLSN tahun 2023 jenjang SMP cabang yang diperlombakan yaitu Lomba Sesorah (Pidato Bahasa Jawa), Lomba Mendongeng dan Lomba Storytelling. SMP/Mts se-Kota Yogyakarta mengirimkan siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti ajang OLSN jenjang SMP tingkat Kota Yogyakarta sebanyak 103 peserta yaitu Sesorah 32 peserta, Mendongeng 35 peserta dan Storytelling 36 peserta. Setiap peserta disetiap cabang lomba mengikuti seleksi Babak Penyisihan dengan mengirimkan video karya untuk menentukan 10 peserta terbaik yang berhak mengikuti Babak Final secara Luring. Selanjutnya pada babak Final peserta menampilkan penampilan terbaiknya di hadapan para juri untuk menentukan juara 1,2,3 pada lomba OLSN tahun 2023.

Berdasarkan hasil lomba OLSN jenjang SMP tingkat Kota Yogyakarta diperoleh sebagai berikut :

NO

CABANG LOMBA

JUARA

NAMA

SEKOLAH

1

Sesorah

Juara 1

Natalia Jessy Hariyono Wadhas Indah

SMPN 4 Yogyakarta

2

Sesorah

Juara 2

Sarid Shohan

SMPN 5 Yogyakarta

3

Sesorah

Juara 3

Aura Dinda Khairun Nisa

SMPN 11 Yogyakarta

4

Mendongeng

Juara 1

Kinanti Pinaring Gusti

SMP Muhammadiyah 3

5

Mendongeng

Juara 2

Azzam Fadhilah Pradana

MTsN 1 Yogyakarta

6

Mendongeng

Juara 3

Bunga Fitri Oktaviani

SMPN 5 Yogyakarta

7

Storytelling

Juara 1

Maria Natha Elora

SMPN 4 Yogyakarta

8

Storytelling

Juara 2

Bernadine Lilian Trisha Utami

SMP Stella Duce 1

9

Storytelling

Juara 3

Zaira Princessa Hambali

SMP Muhammadiyah 2

 

 

Para juara tersebut berhak mendapatkan trophy, sertifikat serta uang pembinaan sebesar Rp 5 juta untuk juara 1, Rp 4,5 Juta untuk juara 2 dan Rp 4 Juta untuk juara 3. Ceremony Penyerahan hadiah diberikan secara langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Bapak Budi Santosa Asrori.