Mengenalkan Pada Masyarakat Luas Sejarah Perkembangan KORPRI Kota Yogya

 



 

Umbulharjo - Pameran Foto “Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) dalam Foto” merupakan bagian dari semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korpri Kota Yogyakarta. Dalam kegiatan ini, memamerkan puluhan foto kegiatan Korpri sejak tahun 1976 hingga saat ini. Pameran dilaksanakan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Yogyakarta Senin-Rabu, 27-29 November 2023.

 

Foto yang ditampilkan pada pameran foto “Korpri dalam Foto” antara lain Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta sejak tahun 1961 hingga tahun 2023 dan foto-foto kegiatan Korpri tempo dulu seperti peringatan hari penting, pelantikan pengurus Korpri, peringatan HUT Korpri di Stadion Mandala Krida tahun 1985, pelatihan-pelatihan, peninjauan peresmian Taman Korpri dan penanaman pohon  tahun 1992, penyerahan  piala dan piagam penghargaan kepada Pegawai Negeri Sipil Berprestasi pada tahun 1995, dan lomba cerdas cermat.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Afia Rosdiana dalam acara pembukaan pameran foto di MPP Kota Yogyakarta, Senin(27/11). Pada acara tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta selaku Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya dengan melakukan potong pita dan berkeliling melihat foto-foto yang dipamerkan.


 

“Harapannya dengan adanya pameran foto ini adalah kita tidak melupakan sejarah, jadi Korpri di Pemerintah Kota Yogyakarta itu sudah ada sejak tahun 1971 dan yang menjadi harapan juga dengan adanya pameran-pameran foto ini bisa meningkatkan lagi aktivitas peran Korpri Kota Yogyakarta dalam mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

 

Salah satu koleksi foto yang dipamerkan

 

Menurut Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya Korpri Dalam Foto memberikan pengingat kepada seluruh anggota Korpri Kota Yogyakarta bahwa seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini terdokumentasikan dengan baik dan akan menjadi sebuah catatan perubahan proses.

 

“Bahwa apa yang kita tampilkan ini adalah tidak hanya bicara sebuah perkembangan proses tetapi kita punya kebanggaan yakni Korpri sebagai media ASN Pemerintah Kota Yogyakarta. Sekarang tekanannya adalah bagaimana kemudian Korpri mampu membangun kebanggaan kalau kesejahteraan batin dengan cara membangun kebanggaan melalui Korpri Kota Yogyakarta,” ungkapnya.

 

Pihaknya menyebutkan pemilihan pameran foto dilaksanakan di MPP Kota Yogyakarta agar foto-foto proses perkembangan Korpri Kota Yogyakarta tidak hanya dinikmati secara internal bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, juga dapat dinikmati dan menjadi pengetahuan baru bagi masyarakat yang berkunjung.

 

“Korpri dalam Foto di ruang MPP ini harapannya dengan di ruang terbuka lebih bisa dinikmati oleh siapapun tidak hanya oleh anggota Korpri Pemerintah Kota Yogyakarta tetapi seluruh masyarakat pemanfaat dari MPP ini, harapannya juga pengunjung MPP bisa melihat perkembangan Korpri yang ada dalam perjalanan selama satu tahun ini,” jelas Aman. (Chi)