KORPRI Kota Yogya Raih Penghargaan Kepengurusan Terbaik se-Indonesia

Jakarta-Hadiah terindah diterima Pengurus KORPRI Kota Yogya pada Puncak HUT Ke-52 KORPRI dengan ditetapkannya sebagai Kepengurusan Terbaik 2023 dalam acara Anugerah KORPRI Award 2023. Bahkan Kota Yogya menjadi satu-satunya Kota di Indonesia yang meraih penghargaan tersebut.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Azwar Anas kepada Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kota Yogya, Aman Yuriadijaya di Jakarta International Velodrome, Rabu (29/11/2023).

Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI, Zudan Arif Faktulloh mengatakan penghargaan ini diberikan kepada Dewan Pengurus KORPRI yang aktif menggerakan organisasi KORPRI baik di instansi atau wilayah dan memiliki program yang bermanfaat bagi anggota maupun masyarakat. 

Ia menyebut sesuai dengan tugas dan fungsinya, Korpri beserta seluruh jajaran ASN menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Korpri harus dapat mengubah mindset bahwa ASN bukan orang yang harus dilayani, tetapi justru yang melayani seluruh lapisan masyarakat," katanya. 

Pihaknya berharap agar ASN mulai hari ini harus melakukan perubahan dalam pelayanan kepada masyarakat.

"KORPRI dan ASN harus mampu melahirkan inovasi baru sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat, sehingga masyarakat merasa terlayani, merasa terlindungi, merasa terayomi dan keberadaan korpri dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," jelasnya.

Ditemui usai menerima penghargaan, Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan tersebut.

"Tanpa dukungan dari para ASN sebagai anggota KORPRI, tentu penghargaan ini tidak dapat diraih," katanya.

Aman mengungkapkan anugerah KORPRI Award kategori kepengurusan terbaik ini berhasil diraih lantaran KORPRI Kota Yogya memiliki berbagai program yang dapat dirasakan manfaatnya bagi anggota dan masyarakat.

Contohnya adalah program bazaar bulanan KORPRI Kota Yogya. "Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dalam bentuk subsidi/potongan harga komoditas sembako," ujarnya.

Ada juga pemeriksaan mata gratis bagi anggota Korpri sebagai antisipasi gangguan penyakit mata yang bekerjasama dengan RSUP Dr. Sardjito.

"Kami juga memiliki program pemberian taliasih yang diberikan kepada ahli waris dari anggota KORPRI Kota Yogya kepada yang meninggal dunia," jelasnya.

Tak sampai disitu ada juga layanan konsultasi kesehatan. Pada program ini dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk penyakit tidak menular bagi para anggota.

Sementara program untuk masyarakat, KORPRI Kota Yogya rutin menggelar bakti sosial pemasangan IUD KB gratis kepada masyarkat.

"Beberapa waktu lalu kami juga menggalang dana untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, dari penggalangan dana itu diserahkan bantuan uang tunai sejumlah Rp 158.500.000," katanya.

Aman berharap dengan diraihnya penghargaan ini dapat meneguhkan kembali semangat KORPRI untuk mewujudkan ASN yang lebih profesional, netral, dan sejahtera.

"Dengan diraihnya penghargaan ini diharapkan Korpri Kota Yogya dapat lebih eksis dan solid," katanya.