Langsung Distributor, Harga Komoditas Bazar KORPRI Lebih Murah

Umbulharjo-Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kota Yogya kembali menggelar bazar untuk para karyawan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya. Masih sama seperti basar Korpri sebelumnya, kegiatan ini juga menggandeng dua distributor yakni Badan Urusan Logistik (Bulog) Regional Yogyakarta dan PT Pangan Surya Makmur.

 

Lokasinya yang strategis yakni di selatan kantin Balaikota membuat para karyawan yang membeli terus berdatangan. Ditambah harga yang dipatok juga lebih murah dibanding pasar pada umumnya.

 

Berbagai bahan pokok yang dijual seperti beras kita premium kemasan 5kg Rp 69.000, beras medium SPHP kemasan 5kg seharga Rp 51.000, gula pasir maniskita kemasan 1kg seharga Rp 16.000, minyak goreng minyakita kemasan 1 liter seharga Rp 13.500, tepung terigu tulip kemasan 1kg seharga Rp 10.000, dan tepung beras befood kemasan 500 gram seharga Rp 7.000.

 

Selain itu bahan pokok lainnya seperti beras sawah jingga kemasan 5kg seharga Rp 68.500, bawang putih kating 0,5kg seharga Rp 18.000, bawang merah 0,5kg seharga Rp 18.000, telur ayam 1kg seharga Rp 24.000, ikan dory 1kg seharga Rp 37.000, karkas bebek ukuran besar seharga Rp 60.000, karkas bebek ukuran kecil seharga Rp 45.000, dan berbagai jenis makanan beku seperti sosis ayam, sosis sapi, nugget, bakso ayam dan bakso sapi.

 

Penanggung jawab kegiatan tersebut, Evi Wahyuni menjelaskan berbagai komoditas yang dijual menjadi lebih murah lantaran harga tersebut langsung dari distributor. "Perbedaannya cukup signifikan jika dibanding dengan harga pasar pada umumnya," katanya Kamis (18/1/2024).

 

Pihaknya mengungkapkan kegiatan tersebut digelar agar para karyawan Pemkot dapat membeli barang dengan harga murah dengan kualitas yang bagus.

 

“Pelaksanaannya hari ini saja. Kita sudah imbau semua perangkat daerah agar ikut berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini," jelasnya.

 

Evi optimis dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan para anggota Kopri Kota Yogya. Sebab, lanjutnya, mereka dapat memperoleh harga bahan pokok dengan harga yang relatif murah.

 

Perwakilan dari Bulog Regional Yogyakarta, Maya Anisa mengatakan dalam kegiatan bazar Kopri ini para pembeli hanya diperbolehkan membeli dua kemasan, hal tersebut agar distribusi bahan pokok ini merata.

 

"Bahan pokok ini kan ada yang sudah pesanan dan belum pesanan, kalau yang belum pesanan untuk beras satu orang hanya diperbolehkan membeli satu, sementara untuk minyak, gula, dan tepung maksimal dua. Ini agar distribusinya merata," tandasnya.

Antusiasme karyawan Pemkot Yogya saat mengikuti bazar Korpri.

Sementara itu Direktur PT Pangan Surya Makmur, Arif Budiono menyambut baik kegiatan bazar Korpri tersebut. Menurutnya dengan adanya kegiatan ini juga dapat menambah pendapatan para petani di Kota Yogya.

“Dengan diajak berkolaborasi dengan Korpri Kota Yogya alhamdulilah bahan pokok ini bisa terjual banyak. Ini juga bisa menambah pedapatan untuk para petani karena berbagai komoditas ini langsung kami ambil dari petani," jelasnya.

Seorang pembeli di acara tersebut, Artha Sakabuana mengaku senang sekali dengan diadakannya bazar Korpri ini.

"Adanya acara ini merupakan kesempatan untuk dapat membeli bahan pokok dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di pusat belanja lainnya yang relatif lebih mahal," katanya. 

Artha berharap kegiatan tersebut dapat rutin diadakan untuk dapat membantu kebutuhan para karyawan Pemkot Yogya. (Han)