Pengembangan Karangkajen Menjadi Kampung Religi, Perjuangan dan Science

Mergangsan- Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Yogyakarta mulai melakukan perencanaan pengembangan Kampung Bhakti Pangemban Praja Korpri di Karangkajen Kelurahan Brontokusuman, dengan mengadakan rembug kampung atau diskusi dengan warga dan pengurus wilayah pada Rabu (24/1) di Masjid Jami’ Karangkajen.

Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan, pengembangan Kampung Bhakti Pangemban Praja Korpri di Karangkajen merupakan wujud bakti sosial Korpri Kota Yogyakarta kepada masyarakat yang akan dilakukan secara berkelanjutan selama satu tahun.

“Korpri Kota Yogyakarta telah menyusun rangkaian program pengembangan Kampung Bhakti Pangemban Praja Korpri di Karangkajen, yang pada tahap awal ini sifatnya merupakan penawaran, pada sesi rembug kampung inilah akan ditetapkan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bagaimana rincian teknis pelaksanaanya ke depan,” terangnya.

Kegiatan Rembug Kampung Bhakti Pangemban Praja Korpri Karangkajen.

Pihaknya mengatakan ada enam hal yang menjadi sasaran dalam program pengembangan Kampung Bhakti Pangemban Praja Korpri di Karangkajen, yaitu meliputi peningkatan religiusitas, ekonomi, literasi, sosial budaya, tata kelola dan sinergi kelembagaan, dan peningkatan infrastruktur serta kualitas lingkungan hidup.

“Kampung Karangkajen memiliki latar sejarah yang kuat, sehingga menjadi sangat penting untuk merekonstruksi semangat dan penguatan Kampung Karangkajen sebagai kampung yang religius, cerdas, dan sejahtera dengan dilandasi semangat perjuangan Kyai Haji Ahmad Dahlan. Melalui berbagai program kegiatan yang akan kita susun dan lakukan bersama hingga November mendatang,” katanya.

Aman juga menambahkan Korpri Kota Yogyakarta hadir di wilayah untuk mengintergrasikan berbagai program antar sektor. Dengan harapan ketika pola atau model Bhakti Pangemban Praja di Karangkajen sudah terbentuk dan terlihat hasilnya maka akan direplikasikan di wilayah lain.

Anggota Korpri Kota Yogyakarta bersama warga Kampung Bhakti Pangemban Praja Korpri Karangkajen.

Sementara itu Ketua Kampung Karangkajen Suharjo menyampaikan terima kasih dan menyambut baik rencana program pengembangan Kampung Bhakti Pangemban Praja Korpri di Karangkajen. Sesuai dengan semangat masyarakat Karangkajen untuk mem-branding sebagai Kampung Religi, Kampung Perjuangan dan Kampung Science.

“Sesuai dengan peran ASN yaitu sebagai abdi masyarakat, maka ini salah satu bentuk kegiatan yang betul-betul langsung menyentuh masyarakat. Kami atas nama warga masyarakat Kampung Karangkajen sangat mengapresiasi atas apa yang dirumuskan Korpri Kota Yogyakarta, yang harapannya program-program yang sedang disusun ini dapat terlaksana sesuai apa yang direncanakan nantinya,” ungkapnya. (Jul)