Karangkajen Ditetapkan Sebagai Kampung Religius

Mergangsan-Sebagai bentuk baktinya kepada Masyarakat, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Yogya melaunching Kampung Karangkajen sebagai kampung religius. Kegiatan ini merupakan salah satu program Kampung Korpri Bhakti Pengemban Praja Sasaran Religiusitas.

Peresmian ini dilakukan oleh Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya yang juga sebagai Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Yogya di halaman Masjid Jami' Karangkajen, Sabtu (9/3/2024).

Aman mengungkapkan pembentukan Kampung Karangkajen sebagai kampung religius adalah sebagai upaya mewujudkan masyarakat menjadi masyarakat yang beriman dan bertakwa.

"Dengan harapan terciptanya masyarakat yang maju dan mampu memproteksi diri dari berbagai dampak negatif yang ada," tandasnya.

Dalam program tersebut diisi dengan berbagai kegiatan seperti pengajian, penguatan dan akreditasi TPA, pembentukan Unit Pengelola Zakat (UPZ), sosialisasi gerakan maghrib mengaji, serta pendampingan eco masjid.

"Pendampingan eco masjid ini  mencangkup sosialisasi puasa dan Idul Fitri ramah lingkungan, Idul Adha tanpa plastik, serta pembuatan biopori jumbo," ungkapnya.

Dengan komitmen tersebut diharapkan Korpri Kota Yogya dapat menjadi satu dengan masyarakat. "Korpri lahir dari masyarakat dan harapannya membawa kiprah untuk masyarakat," tandasnya.

Sementara itu Takmir Masjid Jami’ Karangkajen, Jahdan Humam menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh Korpri Kota Yogya untuk Kampung Karangkajen.

"Atas nama masyarakat Karangkajen, saya mengucapkan terima kasih telah diresmikannya Karangkajen sebagai kampung religius," ujarnya.

Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya yang juga sebagai Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Yogya saat meninjau UMKM warga kampung Karangkajen

Ia menjelaskan Kampung Karangkajen merupakan kampung yang memiliki latar sejarah yang kuat, sehingga menjadi penting untuk merekontruksi semangat dan penguatan Kampung Karangkajen sebagai kampung yang religius dengan dilandasi semangat perjuangan Tokoh Nasional yakni KH Ahmad Dahlan. 

"Diharapkan program pendampingan Korpri dapat terlaksana untuk mengintegrasikan program-program lainnya di Kampung Karangkajen," bebernya. (Han)